Sabtu, 01 Desember 2012

yes..i am introvert

Pendiam, Pemalu, Ewuh pekewuh dan Terkesan Cuek, Itu semua adalah sifat dari seorang introvert.  Introvert adalah sebuah sosok unik yang memiliki cara pandang sendiri saat menilai sesuatu, mereka lebih "dalam" memahami  sebuah kejadian. Tapi sosoknya yang minoritas ini, kadang di anggap aneh orang lingkungan. Dan bahkan ada beberapa introvert yang gak nyaman dengan sifatnya sendiri.
 Setelah aku baca beberapa buku dan web tentang seputar dunia Introvert.
kemudian ku putuskan "Aku adalah seorang introvert.."

Dan ini adalah ciri-ciri introvert yg persis dg sifatku  : (kutip dr jurnal Marti Laney, Psy.D)
 1 . Saya tidak suka bicara.
Ini tidak benar. Introvert hanyalah tidak berbicara kecuali mereka memang memiliki sesuatu untuk dikatakan. Mereka membenci basa-basi. Tapi, jika seorang introvert sedang berbicara tentang sesuatu yang mereka minati, mereka tidak akan berhenti bicara sampai berhari-hari.
 2 Saya pemalu.
Rasa malu tidak ada hubungannya dengan menjadi seorang Introvert. Introvert bukan berarti takut orang. Apa yang mereka butuhkan adalah sebuah alasan untuk berinteraksi. Mereka tidak berinteraksi demi interaksi sosial. Jika Anda ingin berbicara dengan Introvert, berbicara saja. Tidak perlu mengkhawatirkan kesopnan.
 3 Saya kasar.
Introvert sering tidak melihat alasan perlunya untuk berbasa-basi sosial. Mereka ingin semua orang menjadi riil dan jujur. Sayangnya, hal ini tidak diterima di kebanyakan situasi, sehingga introvert merasakan banyak tekanan untuk menyesuaikan diri, dan bagi mereka ini melelahkan.
 4. Saya tidak menyukai orang.
Sebaliknya, introvert sangat menghargai sedikit teman yang mereka miliki. Mereka bisa menghitung teman-teman dekat mereka dengan satu tangan. Jika Anda cukup beruntung untuk dianggap teman oleh seorang introvert, Anda mungkin telah memiliki sekutu setia seumur hidup. Sekali Anda telah mendapatkan rasa hormat mereka, keberadaan Anda sangat diterima.
5. Saya tidak suka pergi ke tempat umum.
Omong kosong. Introvert hanya tidak ingin pergi keluar di depan umum UNTUK WAKTU YANG LAMA. Mereka juga ingin menghindari komplikasi yang terlibat dalam kegiatan publik. Mereka mengambil data dan situasi dengan sangat cepat, dan sebagai hasilnya, mereka tidak perlu berada di sana untuk waktu yang lama untuk mehamami kegiatan publik yang tengah berlangsung. Lalu mereka siap untuk pulang, mengisi ulang energi, dan memproses semua pengalamannya tadi. Faktanya, isi ulang energi adalah mutlak penting untuk introvert.
6 . Saya selalu ingin sendirian.
Introvert sangat nyaman dengan pikiran mereka sendiri. Mereka banyak berpikir. Mereka melamun. Mereka senang memiliki masalah untuk dikerjakan dan teka-teki untuk dipecahkan. Tapi mereka juga bisa merasa luar biasa kesepian jika mereka tidak memiliki siapapun untuk berbagi pencapaian mereka. Mereka menginginkan hubungan yang otentik dan tulus dengan SATU ORANG pada satu waktu.
7 .Saya aneh.
Introvert sering individualis. Mereka tidak mengikuti orang banyak. Mereka akan lebih suka dihargai karena cara-cara unik hidup mereka. Mereka berpikir berdasarkan standar diri mereka sendiri dan karena itu, mereka sering menantang kebiasaan. Mereka tidak membuat keputusan berdasarkan pada apa yang sedang populer atau trendi.
8. Saya culun terasing.
Introvert adalah orang-orang yang lebih sering melihat ke dalam, memberi perhatian lebih pada pikiran dan emosinya. Ini bukan berarti bahwa mereka tidak mampu memberi perhatian pada apa yang terjadi di sekitar mereka, hanya saja dunia batin mereka terasa jauh lebih merangsang dan bermanfaat bagi mereka.
9. Saya tidak tahu bagaimana bersantai dan bersenang-senang.
Introvert biasanya merasa rileks di rumah atau di alam, bukan di tempat umum yang penuh kesibukan. Introvert bukan pencari sensasi dan pecandu adrenalin. Jika ada terlalu banyak pembicaraan dan kebisingan terjadi, mereka melemah. Otak mereka terlalu sensitif terhadap neurotransmitter yang disebut Dopamine. Introvert dan ekstrovert memiliki perbedaan jalur syaraf yang dominan. Cari saja sendiri tentang perbedaan jalur syaraf ini.
 10. Kadang refleks bisa menjadi ekstrovert.
Sebuah dunia tanpa introvert akan menjadi dunia dengan sedikit ilmuwan, musisi, seniman, penyair, pembuat film, dokter, matematikawan, penulis, dan filsuf. Meski demikian, masih ada banyak teknik yang dapat dipelajari orang ekstrovert untuk berinteraksi dengan introvert. (Ya, aku sengaja membalik posisi introvert dan extrovert  untuk menunjukkan kepada Anda betapa biasnya masyarakat kita.) Introvert tidak bisa “memperbaiki diri” dan pantas dihormati untuk temperamen alami mereka dan juga kontribusinya bagi umat manusia. Bahkan, satu penelitian (Silverman, 1986) menunjukkan bahwa peningkatan persentase introvert di antara manusia berbanding lurus dengan IQ (rata-rata manusia)

Lhah masalahnya Sifatku ini aku rasa begitu mengganggu akhir-akhir ini. Karena aku harus bekerja di lingkungan orang Ekstrovert. Kebalikan seorang introvert, Ektrovert lebih suka berbicara ngalur ngidul sehingga pembicaraan menjadi meriah dan menarik.
Bekerja di lingkungan ini rasanya ingin membuat aku teriak...Ahhh..ahhhhhhh...ahhhh
Coba kamu pikir, ketika teman-teman kamu berbicara dengan penuh menyakinkan sehingga membuat suasana membahana bahagia, kemudian mereka memberikan sedikit umpan balik agar kita berbicara..dan jawaban kita hanya singkat saja..huft..rasanya terkesan garing..kriikk..kriikk..
Jujur.. Aku ini ingin bicara banyak seperti kalian.. tapi yang ku rasa ewuh pekewuh, takut salah dalam bicara membuat aku gugup untuk mengungkapakan apa yang ada dalam benakku.. Yang  bisa ku lakukan hanya menganalisa dan memperhatikan keadaan. 
Terkesan seperti Individual dan anti sosial aku menjelma menjadi bahan sindiran bagi sekitar. Karena di antara teman-temanku yang begitu banyak, hanya segelintir teman yang nyaman berbicara denganku.. Dan mereka juga sesama introvert.
"Ya Alloh
I just wanna be ekstrovert
Seperti msa sd dan smp . Aneh knpa sjak sma ku mlh jd introvert gni.
  "
Aku baru sadar ternyata aku dulu sempet bisa menjadi seorang Ekstrovert. Tepatnya saat aku masuk SD dan SMP. Walaupun sifat introvert ku juga ada..  Tapi saat ini minimal aku bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Baik dalam pergaulan ataupun prestasi. I forgot that I was an extrovert before because of some incident, I turned into an introvert. Dan tepatnya adalah masa SMA.. Aku benar-benar total menjadi seorang introvert yang sibuk dalam dimensi dunianya sendiri..


1 komentar:

sabar yow pak dhe...tiap tempat ada kegunaannya sendiri-sendiri....liat aja ntar..

Posting Komentar