Sabtu, 24 November 2012

Harinya wad Kura-Kura


24 November 2012

Pagi menjelang alarm ayam berbunyi,
Kukuuruyuuk betokkk betook.........

Kemudian segera ku bangun untuk menunaikan kewajibanku sebagai manusia, yakni menjalankan ibadah solat shubuh berjamaah di mesjid. Karena  mamake pernah bilang :
"Nang, apapun kondisimu diusahakan jangan sampe ketinggalan solat berjamaah di mesjid, Supoyo dadi anak sing sholeh karo gusti lan wong tuo"
Maka kata-kata ini masih ku pegang terus sampe sekarang..  Bagaimana tidak, hakikat  kita di ciptakan oleh Allah Azza wajalla  memang untuk menghamba kan..!! Seperti Yang terangkum dalam ayat ini [Adz Dzariyat [51] : 56]
“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan Manusia melaikan untuk beribadah kepadaku”. 

Truss  apa salah nya kita solat berjamaah, paling cuma menghabiskan 10 menit per kali solat.. sedangkan solat wajib nya ada 5, berarti perhari kita cuma solat 50 menit .. Itu teh cuma sebentar dari 24 jam waktu Allah yang diberikan kepada kita  ..
Ane pernah baca artikel cuy, bahwa ternyata banyak sekali keutamaan solat berjamaah:

Abu Hurairah  berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي الْجَمَاعَةِ تُضَعَّفُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ وَفِي سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا وَذَلِكَ أَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُخْرِجُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلَّا رُفِعَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ فَإِذَا صَلَّى لَمْ تَزَلْ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَلَا يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلَاةَ
“Shalat seorang laki-laki dengan berjama’ah dibanding shalatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudlu dengan menyempurnakan wudlunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan shalat berjama’ah, maka tidak ada satu langkahpun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya. Apabila dia melaksanakan shalat, maka Malaikat akan turun untuk mendo’akannya selama dia masih berada di tempat shalatnya, ‘Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia’. Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan shalat selama dia menanti pelaksanaan shalat.” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 649)

So, sebagai hamba yang bersyukur, maka apa salah nya melakukan sunnah Rosul ini. Toh banyak manfaatnya bagi kita kelak. Seperti yang tersebut oleh hadist di atas.
***

lhah...Sehabis solat jamaah, Biasa sebagai seorang bujang pasti kita pingin tidur lagi..tapi kali ini ane sadar setelah melihat peliharaan Ane yang selalu setia saat senang ataupun susah.. Serasa dia mau bilang : " Gan ini hari Ahad, Saatnya aku di manjain..:" wehehee
Ini dia perliharaan Ane Gan.. (Si Kura-kura Ginjal)


Si Kuro
Si Maru
Si Cino
Si Amair
Si Sanji
Si Poro
Si Tetsu
Si Miro
Si Gachi
Si Airi
Si Kochi

Si Ako
Si Ibnu
ane sayang mereka .. Tidak cuma sebagai peliharaan tapi juga sebagai teman sekaligus penghibur ketika futur.. sebenarnya awal nya ane iseng melihara ini binatang, tapi semakin berjalan nya waktu .. mereka mempunyai nilai yang bermakna bagiku.. walaupun gak bisa bicara tapi ketika melihat tingkah mereka, hatipun terasa senang.. palagi pas kondisi lagi susah, sungguh sangat terasa mereka menghibur rasa ini.. Bahkan pabila melihat merasa bertambah besar dan sehat, sebagai seorang pemeliharapun rasanya puas dan bangga. Walaupun kadang juga mereka nyusahin ane setiap minggunya karena harus menguras aquariumnya..hehee.. Yah moh gimna..inilah yang disebut tanggung jawab. Maka Ane harus memenuhinya secara maksimal..

Sebenarnya cara memelihara ne kura gak begitu susah.. cuma perlu memberikan makan tiap harinya dan juga memperhatika kesehatan kulitnya agar jangan sampe ada jamur yang nempel di badan nya. Cukup menguras aquarium seminggu sekali plus nyiapken tempat yang di beri lampu neon guna menjemur cangkang si Kura2.. minimal kya gambar bawahlah..

kandang kuro2
Kura-kura yang ane pelihara adalah jenis brazil.. mereka semi (hidup di 2 alam) memerlukan air tapi juga bisa hidup di darat, memakan lumut, udang, ikan, bahkan kadang bisa memakan saudaranya sendiri saat lapar.. Pernah iseng memasukan ikan di dalam aquarium, setelah seminggu Ane tinggal ternyata ikan sudah habis..kira-kira ane hitung sudah lebih dari 15 ikan mati sebagai santapannya, baik dari jenis ikan lemon, keting, lele, ikan mas, ikan sepat luar negri, dan ikan hias lainnya.. sehingga ikan-ikan yang masih hidup termasuk ikan pilihan yang harus memiliki kemampuan bertahan yang hebat.. Jadi saran Ane jangan memelihara kura-kura dengan ikan hias gan.. bisa-bisa habis dilahap..hehee

Memelihara kura-kura memang menyenangkan..terbukti gak cma ane saje yang suka tapi ketika waktu luang para tetangga kos mampir untuk melihat keadaan si kura-kura ane, dengan sekedar memberi makan atau say hay pada si kura-kura..Yah..  Dengan berjalan nya waktu, Doaku agar semoga kalian tumbuh sehat ya.. Karena ane sayang kalian ^^

0 komentar:

Posting Komentar